Sabtu, 24 Desember 2011


LAPORAN KEBERSIHAN KEINDAHAN DAN KEDISIPLINAN
DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 2 KUNINGAN

KATA PENGANTAR

Puji beserta syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat memrampungkan tugas berupa sebuah `Laporan Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan di Lingkungan SMA N 2 Kuningan` yang diberikan dalam rangka menunjang pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup.
Laporan ini dibuat untuk menganalisis dan meneliti tentang lingkungan biotic dan abiotik serta  semua hubungan timbal baliknya yang ruang lingkupnya disempitkan menjadi dilingkungan SMA Negeri 2 Kuningan.
Alhamdulillah, atas nama penulis hanya dapat mengucap mohon maaf apabila masih banyak kekuranganya dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatianya dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini. Semoga laporan ini sedikit atau banyak dapat bermanfaat bagi kita semua.











                                                                                    Kuningan, 1 Oktober 2011
1.1  DASAR PEMIKIRAN
Kebersihan, keindahan dan ketertiban atau K3 merupakan salah satu sendi kesempurnaan dalam konteks kehidupan. K3 membuat hidup dan kehidupan terasa lebih nikmat karena dengan K3 seluruh aspek dalam kehidupan manusia dapat terwujud secara harmonis dan balance.
Kebersihan akan menciptakan hidup yang sehat sebagai salah satu komponen yang tak ternilai dalam hidup manusia, sebagaimana dikatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
Keindahan lingkungan tempat dimana kita berinteraksi mampu menimbulkan ketenangan psikologis sehingga sedikit atau banyak mempengaruhi pada pola pikir dan perasaan seseorang.
Ketertiban merupakan pengaplikasian dari pelajaran hidup yang didapat oleh setiap individu, ketertiban dapat menimbulkan rasa aman dan tentram apabila dijalankan sesuai kesepakatan atau peraturan yang telah ada sehingga mampu memmpengaruhi kondisi psikologis seseorang dengan rasa aman dan merasa taat pada aturan tersebut.
Selain untuk kehidupan manusia, K3 sangat erat hubunganya dengan lingkungan hidup baik biotic maupun abiotik karena kehidupan manusia tidak lepas dari komponen-komponen tersebut. Yang mana pada hakekatnya, segala sesuatu yang ada di bumi ini sudah barang pasti menjadi tanggung jawab manusia yang tinggal didalamnya tidak terkecuali lingkungan hidup.
Guna mencapai keselarasan dalam kehidupan, diperlukan keseimbangan antara makhluk hidup dan ekosistemnya. Didalam konteks kebersihan, keindahan dan ketertiban sedikit atau banyak mengandung unsur atau tujuan untuk mencapai keselarasan tersebut. Perwujudan dalam K3 dapat diaplikasikan dalam berbagai tindakan yang kemudian semakin canggihnya teknologi dan tingginya ilmu pengetahuan tak jarang membuat orang melupakan kewajibanya terhadap diri dan lingkunganya. Maka dari itu topic permasalahan ini perlu untuk kita kaji bersama-sama dilingkungan kita masing-masing terlebih dahulu.

1.2 SASARAN DAN TUJUAN
Setelah melaksanakan kegiatan ini diharapkan semua komponen warga SMA Negeri 2 Kuninga dapat lebih meningkatkan kesadaran mengenai kebersihan, keindahan dan ketertiban (K3) dilingkungan sekolah agar tercipta suasana belajar yang kondusif dan efektif.

1.3  Jenis Kegiatan yang Dilakukan
a.       Waktu Kegiatan
Hari/Tanggal   : 18 September 2011 s/d 30 September 2011
b.      Tempat Kegiatan
Tempat            : Kampus SMA Negeri 2 Kuningan
c.       Jenis Kegiatan
·      Menganalisis kondisi kebersihan di SMA Negeri 2 Kuningan
·      Menganalisis kondisi keindahan lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan
·      Menganalisis kondisi ketertiban di SMA Negeri 2 Kuningan.
1.4  Laporan Hasil Kegiatan
1.4.1        Kebersihan di SMA Negeri 2 Kuningan
Lorong kelas XI IPA yang terlihat bersih, namun temboknya kotor
Suasana kelas yang cukup bersih namun bangku kurang teratur
Lapangan yang bersih tanpa sampah
Taman hidup di kampung naga yang bersih dari sampah
Kantin yang cukup bersih dan rapih walaupun sempit
                                                                                        WC yang sekiranya cukup tidak terlalu kotor dan tidak bau

Kebersihan merupakan tanggung jawab kita semua yang mana bila lingkungan kita bersih maka tubuh kita pun akan sehat. Sehingga sehat atau tidaknya tubuh kita ditentukan oleh kita sendiri. Menjaga lingkungan yang sudah ada menjadi tetap bersih merupakan salah satu perwujudan siswa yang baik. Misalnya, dengan tidak membuang sampah sembarangan, mencorat-coret dinding dan lain sebagainya.
1.4.2        Keindahan
Taman ditengah sekolah dan halaman masjid yang ditata sangat indah dan rapi

Halaman kelas yang ditata dengan sangat indah dipadu dengan pepohonan yang membuatnya sejuk

Halaman ditengah koridor kelas yang sangat indah dan menentramkan
Keindahan merupakan aspek cipta rasa alamiah manusia yang secara tidak langsung dapat memberikan relaxsasi pada jiwa atau batin setiap orang. Terlebih disekolah suasana seperti ini dapat menghilangkan kejenuhan siswa saat belajar. Jadi setiap orang berperan langsung dalam menjaga dan melestarikan lingkungan disekitarnya.

1.4.3        Ketertiban
Pakaian seragam yang sesuai aturan dan rapi



Ragam aktivitas siwa yang berlangsung tertib menggambarkan ketertiban di SMA N 2 Kuningan
Parkiran disore hari pun tetap bersih dan rapi

Ketertiban merupakan cerminan perilaku setiap individu, yang mana mengharuskan setiap individu mengikuti peraturan yang berlaku didalam lingkungan tersebut. Berperilaku disiplin mencerminkan pribadi yang bertanggung jawab dan bijaksana sehingga ketertiban dapat menjadi tolak ukur suatu sekolah dalam menilai keberhasilanya mendidik generasi penerus bangsa.


1.5  PEMBAHASAN
Setelah melakukan observasi dilapangan, dapat disimpulkan bahwa lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan telah menjalankan lingkungan K3 yang `BAIK`. Ini dapat dibuktikan dengan lingkungan sekolah yang dibuat semenarik mungkin namun tidak meninggalkan konsep alamiah yang sedikit atau banyak ikut berperan dalam kebatinan siswa/siswinya. Selain itu, lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan terbukti baik dengan tidak ada banyak sampah yang berserakan di lingkungan sekolah serta tingginya angka kesadaran menjaga kebersihan lingkungan dari semua warga sekolah. Ketertiban di SMA Negeri 2 Kuningan sudah berjalan sejak pertama berdirinya sekolah ini yang mana menjadi cirri khas dari sekolah ini, setiap siswa merasa mempunyai kewajiban untuk tetap menjaga kultur SMA Negeri 2 Kuningan melalui cerminan sikap dan perilakunya. Namun, tentunya dimana ada kebaikan disitu pula ada keburukan, kesadaran siswa dalam menjaga dan melestarikan lingkungan dan kultur serta segala yang ada di konteks wilayah SMA Negeri 2 Kuningan semakin tahun semakin menurun. Ketertiban yang mulai dilupakan dan kurangnya rasa kekeluargaan diantara warga SMA Negeri 2 Kuningan membuat ada jarak atau perenggang diantara satu dan yang lainya yang kemudian akan mempengaruhi kultur SMA Negeri 2 Kuningan. Kesadaran diri yang mana megharuskan semua warga SMA Negeri 2 Kuningan menjaga, melindungi dan melestarikan segala sesuatu yang ada didalam lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan baik secara abstrak atau konkrit perlu ditingkatkan. Mencintai tempat dimana kita berinteraksi merupakan citra alamiah manusia, namun sudah barang pasti mencintai itu bukan hanya dengan kita mengharumkan nama sekolah saja, tapi menjaga, melindungi dan melestarikan segala sesuatu yang ada disekolah merupakan cerminan dasar yang seharusnya.

1.6  KESIMPULAN
Dari berbagai penelitian dan pengamatan penulis mengambil kesimpulan bahwa SMA Negeri 2 Kuningan telah menjalankan kebersihan, keindahan dan ketertiban (K3) yang sangat baik terlebih apabila dibandingkan dengan sekolah lain. Namun angka baik tersebut berkurang dengan kurangnya kesadaran warga SMA Negeri 2 Kuningan khususnya siswa/siswinya untuk menjaga, melestarikan dan melindungi lingkungan tempat mereka menimba ilmu dan bersosialisasi. Jika bukan manusia yag ada didalamnya maka siapa lagi yang akan menjaga lingkunga tersebut? Sudah seharusnya semua warga SMA Negeri 2 Kuningan mempunyai rasa kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi menyangkut permasalahan ini.